oleh

BPS Jepara Terjunkan 800an Petugas Sensus September Nanti

Jepara, Mitrapost.com Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara telah menyiapkan lebih dari 800 petugas sensus. Rencananya sensus ini akan dilaksanakan pada bulan September mendatang dengan mendatangi langsung warga.

Kepala BPS Kabupaten Jepara, Manggus Suryono, mengatakan setelah melakukan seleksi online, pihaknya telah mendapatkan sebanyak 765 petugas sensus dan 60 orang yang akan menjadi Koordinator Sensus Kecamatan.

“Sekarang masih dalam proses. Petugasnya sudah dilengkapi. Untuk pelaksanaannya nanti bulan September,” jelas Manggus pada Sabtu (22/8/2020).

Sebelum terjun ke lapangan, calon petugas sensus penduduk akan menjalani rapid test Covid 19 pada tanggal 24-25 Agustus mendatang.

“Pelaksanaan Rapid Test digelar dua hari di Gedung PGRI, Komplek Perkantoran Demaan Jepara,” jelas Manggus.

Baca Juga :   BPS Pati Terjunkan 1.091 Petugas untuk Sensus di Lapangan

Baca juga: BPS Pati Terjunkan 1.091 Petugas untuk Sensus di Lapangan

Diketahui pada sensus penduduk online beberapa bulan lalu, BPS Kabupaten Jepara mencatat partisipasi sensus penduduk online di Jepara mencapai 303,6 ribu warga. Sementara proyeksi penduduk Jepara yang dilakukan sensus pada tahun ini mencapai 1,26 juta orang. Artinya, BPS Jepara berhasil mencapai target 23,9 persen.

Manggus menyatakan, angka ini sedikit lebih tinggi dari target nasional. Yakni minimal 20 persen. Sementara itu, ketercapaian sensus penduduk online secara nasional mencapai 51,36 juta jiwa.

Pada bulan September nanti, Petugas Sensus akan melakukan dua hal utama. Yakni pemeriksaan daftar penduduk dan verifikasi lapangan (ground check). Dalam hal ini, petugas akan berkoordinasi dengan satuan lingkungan setempat seperti RT atau turunan pemangku kepentingan pemerintah tingkat bawah lainnya. (*)

Baca Juga :   Petugas Sensus Lapangan di Pati Sempat Ditolak Warga, Berikut Ciri-cirinya

Baca juga: 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral