oleh

Dewan Pati Sayangkan Perilaku Masyarakat yang Buang Sampah Sembarangan

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suyono menyayangkan prilaku oknum warga Pati yang sengaja buang sampah sembarangan, meski telah disediakan box sampah.

Diakui Suyono, antara Komisi C dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Pati telah beberapa kali merancang program untuk mengurangi penumpukan sampah liar di Kabupaten Pati, kendati demikian masyarakat yang tidak sadar lingkungan, nyatanya sulit dikendalikan.

“Bagus-bagus sudah dibikin tempat sampah box-box itu, tapi masyarakat masih mbandel karena kurangnya kesadaran, ya termasuk kami wakil rakyat juga sudah sering  kerjasama dengan dinas terkait untuk berbicara bersama, tapi sudah ditegur masih begitu,” kata politisi dari Partai PDI itu kepada Mitrapost.com beberpa waktu yang lalu.

Selain dibuatkan baliho imbauan dilarang buang sampah di area rawan sampah liar, Suyono juga sepakat jika para oknum diberikan sanksi yang jelas jika kedapatan melanggar buang sampah sembarangan.

“Ya harus disanksi,” katanya.

Baca juga : Dalam Sebulan DLH Pati Temukan 6,5 Ton Sampah Liar di Sepanjang Jalan Juwana Tayu

Ke depannya, lanjut Suyono Komisi C dan DLH akan fokus pada maksimalisasi bank sampah.

“Mungkin untuk pengelolaan sampah, ke depan harus kita dibuatkan bank sampah. Kemudian sampah itu bisa difungsikan. Kalau tidak dibuatkan bank sampah ya bisa kayak gitu terus,” jelasnya.

Bank sampah juga diharapkan dapat memicu masyarakat untuk secara spontan mengumpulkan sampah karena faham akan manfaatnya.

“Jadi masyarakat dengan sendirinya bisa berusaha mengumpulkan sampah. Dari bank sampah bisa diproses agar lebih bermanfaat. Disamping sampah tidak berkeliaran, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat” harapnya. (Adv/MA/DF/SHT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

News Feed