oleh

72 Bank Sampah di Rembang Sebagai Poros Pengurangan Sampah

Rembang, Mitrapost.com Dalam mengatasi dan mengurangi sampah, DLH Rembang gunakan bank sampah yang tersebar di seluruh kecamatan. Teguh, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas pada Kamis (30/7/2020) mengatakan ada 72 bank sampah yang dimiliki.

“Sudah terbentuk bank sampah dan menyebar di daerah Rembang sebanyak 72 bank sampah,” jelasnya.

Bank sampah ini menurut Teguh sebagai tumpuhan dalam memilih dan memilah sampah di tingkat desa. Mengingat sampah yang dapat ditangani oleh DLH Rembang terbilang masih minim. “Penanganan dari DLH asumsi 1 hari 30 ton. Dan masih bisa dilakukan 11 ton. Ini sangat kecil,” ungkapnya.

Baca juga : DLH Prediksi Sampah di Rembang Mencapai 86 Ribu Ton Tahun Ini

Hal ini dalam pengakuan Teguh memang terkendala dalam sarana dan prasana seperti mobil pengangkut dan alat berat lainnya. “Sarana dan prasana masih jauh kurang. Kami usul minta bantuan dinas-dinas kementrian maupun yang lain untuk mendukung ini.”

Keputusan terkait pemanfaatkan bank sampah sebagai poros pengolahan sampah juga didorong dengan keputusan bupati dalam menggunakan anggaran desa. “Sesuai Perbup kita bisa menangani ini dengan dana desa.”

Selain itu DLH juga memberdayakan pengepul dengan melakukan binaan untuk memanfaatkan sampah yang ada.

“Harapannya sampah yang diambil ke TPA hanya merupakan residu. Sehingga yang bisa ditangani di tingkat desa bisa menambah ekonomi masyarakat,” harapnya.

Meskipun begitu kegiatan ini sempat terkendala oleh Covid-19. “Karena covid agak takut mengambil. Kemarin agak berhenti. Tapi ini sudah berjalan kembali,” tandasnya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed