oleh

Monitoring Pembuang Sampah di Wilayah Sungai Juwana, Warga Minta Pemkab Pasang CCTV

Pati, Mitrapost.com Komunitas Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampi Sawan) berharap ada cctv di sekitar sungai Juwana. Hal itu karena banyak ditemui warga membuang sampah di sekitar sungai.

Salah satu anggota Komunitas Jampi Sawan, Sunadi yang merupakan warga Desa Tondomulyo mengatakan banyak warga mengaku banyak oknum yang membuang sampah di sekitar sungai dan kebanyakan diketahui malah orang luar daerah sungai Juwana.

“Selama ini masyarakat masih belum sadar akan sampah. Masih banyak orang yang membuang sampah di sungai. Kebanyakan saya tidak tau orangnya. Kebanyakan malah orang luar yang lewat sengaja bawa sampah lalu dibuang ke sungai,” jelas Sunadi kepada Mitrapost.com, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Mayat Perempuan Tanpa Identitas, Ditemukan Mengapung di Sungai Juwana

Selain mengotori lingkungan, efek sampah plastik yang dibuang di wilayah sungai juga merugikan warga utamanya para nelayan.

“Efeknya sampah ketika dibuang terutama sampah plastik, kan, sulit terurai sehingga sungai menjadi dangkal. Kemudian untuk nelayan tradisional yang mau melaut baling-baling kapal juga sering tersangkut plastik,” terangnya

Baca juga: Bioreaktor Kapal Selam Sulap Sampah Jadi Pupuk Organik hingga Listrik, Endro : Kami Siap Mendukung

Komunitas Jampi Sawan yang terdiri dari masyarakat Kecamatan Jakenan, Juwana dan Gabus ini berharap pemerintah memasang CCTV di tempat-tempat strategis sekitar sungai Juwana, agar warga dapat mengetahui para oknum pembuang sampah dan mudah ditindak oleh warga ataupun Pemerintah.

“Harapan kami sungai itu diperhatikan Pemerintah. Dinas terkait memasang CCTV di spot tertentu sehingga terekam. Hasil rekaman bisa ditindak lanjuti agar oknum tersebut jera dengan aturan yang ditetapkan oleh Perda (Peraturan Daerah) kabupaten pati.” (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed