oleh

Hadapi Musim Kemarau, Dewan Ajak Masyarakat Hemat Air Bersih

Pati, Mitrapost.com – Menghadapi musim kemarau tahun 2020 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati sudah mulai menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa yang terdampak kekeringan. Diantaranya adalah wilayah Kecamatan Jakenan dan Kecamatan Pucakwangi baru-baru ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya, mengatakan untuk menangani dampak kekeringan ini pihaknya telah memetakan daerah-daerah rawan kekeringan.

Baca juga: Masyarakat Enggan Patuhi Protokol Kesehatan, Dewan Dukung Pemkab Kenakan Denda

Setidaknya ada empat desa yang menjadi langganan kekeringan di musim kemarau. Yaitu Desa Kedungmulyo Kecamatan Jakenan, Desa Karangrejo dan Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi, dan Desa Degan Kecamatan Winong.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kabupaten Pati, Fraksi PDI Perjuangan, Noto Subiyanto meminta pihak pemerintah desa untuk melakukan pendataan terkait kerawanan kekeringan untuk selanjutnya dilaporkan ke kecamatan dan selanjutnya akan dilaporkan ke Pemerintah Daerah.

Baca juga: Dewan Pati Sayangkan Anggaran BOSDa ke Siswa Hanya Cair 40%

“Untuk mengantisipasi dampak kekeringan, hendaknya pemerintah desa melakukan pendataan untuk dilaporkan ke kecamatan agar segera dilakukan droping air bersih,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk menggunakan air bersih secukupnya di musim kemarau ini. Selain itu juga memanfaatkan sumber mata air dengan melakukan pemasangan pipanisasi. (Adv/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed