oleh

Dewan Pati Imbau Para Karyawan Daftar ke BPJS Ketenagakerjaan untuk Mengajukan Pendaftaran

Pati, Mitrapost.com – Bansos (bantuan sosial) dari pemerintah untuk pekerja melalui BPJS Ketenagakerjaan mulai dicairkan. Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pati, Narso melakukan evaluasi terkait regulasi penyaluran bansos tersebut.

Banyak keluhan masyarakat karyawan bergaji di bawah 5 juta yang tidak bisa mengakses bansos tersebut. Pasalnya perusahan yang menaunginya tidak mendaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi memang ini membuka, sebuah hal yang selama ini belum disadari oleh para karyawan dan pekerja. Ternyata mereka tidak didaftarkan oleh perusahaannya. Kasus ini membuka,” kata Ketua Fraksi NKRI kepada mitrapost.com, Senin (14/9/2020).

Terkait hal tersebut, Narso mengimbau kepada para pegawai untuk meminta hak kepada perusahaan agar didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Maka dari itu karyawan dan pekerja yang gajinya di bawah 5 juta itu bisa untuk meminta dan menuntut perusahaan untuk mendaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan,” imbau Narso.

Pemkab Pati juga diimbau untuk lakukan koordinasi dengan pihak Dinas Tenaga Kerja tingkat provinsi, agar regulasi program jaminan kerja BPJS Ketenagakerjaan dapat diakses oleh seluruh karyawan di Pati.

“Karena Dinas Tenaga Kerja itu sekarang adanya di bawah provinsi, maka Pemkab harus lakukan koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja, agar pelaksanaannya lebih cermat terkait dengan pendaftaran para pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Bansos yang dimaksud adalah bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Dimana pemerintah memberikan subsidi kepada karyawan swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan mulai September 2020.

Syarat ketentuan penerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan adalah karyawan swasta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, dengan upah di bawah Rp 5 juta per bulan, berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat pada BPJS Ketenagakerjaan. (Adv/MA/DF/SHT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed