Sering Diamalkan Rasul, Berikut Keutamaan Puasa Senin-Kamis

Mitrapost.com Salah satu amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW adalah melakukan puasa Senin-Kamis. Puasa sunnah ini begitu istimewa karena sering dilakukan oleh Rasul.

Keuatamaan melaksanakan puasa Senin-Kamis

Senin dan Kamis adalah hari di mana pintu-pintu surga dibuka

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan umat Islam pada hari tersebut kecuali mereka yang sedang bermusuhan.

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

 

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Baca Juga :   Doa Minta Panjang Umur di Bulan Rajab

Artinya:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Amalan manusia akan diangkat dan diperiksa oleh Allah

Allah akan memriksa amalan-amalan manusia dalam sepekan yaitu pada hari Senin dan Kamis. Hal ini sebagaimana hadis dari Abu Hurairah bahawasannya Rasul bersabda: