oleh

Dewan Pati Berharap Pemkab Lakukan Normalisasi Kali Juwana Secara Berkala

Pati, Mitrapost.com – Banyaknya oknum yang membuang sampah di Kali Juwana, membuat resah masyarakat sekitar Juwana. Pasalnya sampah plastik yang sulit terurai menyebabkan kali menjadi dangkal dan juga menghambat aliran sungai.

Anggota Komisi C Dewan Parwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, berharap Pemkab segera lakukan normalisasi Kali Juwana agar tidak mendampak negatif ke kecamatan lain.

“Pengerukan Kali Juwana perlu sekali. Kalau Kali Juwana keruh akan terjadi penyempitan lahan. Termasuk wilayah Wuwur, Karaban, Tanjang dan desa-desa yang lain nanti juga terdampak. Khususnya bagi petani di sana. Harapan kami normalisasi Juwana dilakukan secara berkala,” kata Suyono, Selasa (8/9/2020).

Baca juga : Dalam Sebulan DLH Pati Temukan 6,5 Ton Sampah Liar di Sepanjang Jalan Juwana Tayu

Berkaca dari normalisasi Kali di Kayen, Suyono mengungkapkan, efek positifnya sangat dirasakan oleh penduduk sekitar. Pasalnya bukan hanya memininalisir banjir, aliran air yang lancar juga bisa meningkatkan produktivitas tanam padi.

“Dengan pengerukan di beberapa area saja sudah lumayan sekali. Petani bisa menanam padi berulang-ulang apalagi jika Kali Juwana yang besar dikeruk,” terangnya.

Di sisi lain ia juga mengimbau kepada  masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di Kali Juwana, agar tidak merugikan penduduk di luar area kali.

“Kalau masyarakat menyadari dengan tidak buang sampah sembarangan, nanti kecamatan lain tidak akan terdampak negatif,” pungkasnya. (Adv/MA/DF/SHT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed