oleh

Endro Yakin Wisata Alam di Pati Bisa Dilirik Wisatawan Internasional

Pati, Mitrapost.com Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Endro Dwi Cahyono meyakini wisata alam di Kabupaten Pati dapat naik kelas hingga dapat dilirik wisatawan internasional.

Hal ini disampaikan wakil rakyat putra asli Bumi Mina Tani  saat menghadiri Forum Diskusi Aktual (FDA) yang bertema ‘Potensi Desa Wisata untuk Kesejahteraan Masyarakat’ yang diselenggarakan di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati.

“Sebelum saya menjadi anggota dewan saya pernah ke Swiss. Di sana sama dengan di (Pati) sini, mengandalkan alam untuk pariwisatanya. Bedanya di sana dikelola dengan baik maka seluruh dunia berwisata ke sana. Saya yakin kalau di sini dikelola dengan baik maka wisatawan mancanegara akan datang ke sini,” ujar Endro.

Maka dari itu ia mendorong agar desa di Kabupaten Pati, khususnya Desa Gunungsari, untuk segera memperbaiki, dan mengelola agar menjadi desa wisata.

Baca juga: Setelah Jolong, Wisata di Gunungsari Sedang Siapkan Pembukaan

Desa Gunungsari sendiri sudah digadang-gadang menjadi desa wisata sejak Desember 2018. Namun, hingga saat ini Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pati belum memberikan Surat Keputusan.

Hal ini dikarenakan Desa Gunungsari belum memenuhi 24 ketentuan untuk menjadi desa wisata.

Maka dari itu, Endro, mendorong agar seluruh lapisan masyarakat dilibatkan agar Desa Gunungsari menjadi desa wisata.

“Desa Wisata ini bisa hidup secara mandiri, pemudanya ndak perlu ke kota untuk bekerja tapi cukup membangun desanya. Anak mudanya juga harus ada kepedulian, dari masyarakat harus ada, pemerintahnya,” lanjut Endro.

Acara ini juga dihadiri Kabid Risbang Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Tri Yuni Atmojo, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disporapar Kabupaten Pati, Joko Prasetyo, perwakilan Disporapar Kabupaten Pati, Kapala Desa Gunungsari, Sudadi dan puluhan tamu undangan.

Sementara itu Kabid Risbang Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Tri Yuni Atmojo, mengatakan desa wisata akan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Khas kulinernya akan muncul, dengan adanya destinasi wisata orang akan butuh tempat tinggal home stay, kerajinan akan bermunculan,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

News Feed