oleh

Sektor Pariwisata Nasional Bakal Dapat Insentif

Mitrapost.com Di masa pandemi Covid-19, pemerintah juga akan memberikan insentif untuk sektor pariwisata nasional. Akan tetapi program tersebut baru akan direalisasikan setelah vaksin Covid-19 selesai uji klinis dan mulai diproduksi.

“Presiden sampaikan bahwa untuk insentif pariwisata anggarannya sudah ada, ini dikaitkan dengan pengadaan vaksin secara mandiri ketika clinical trial sudah selesai. Ini masih menunggu uji klinis, untuk selanjutnya dibuat program yang terkait dengan sektor pariwisata,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Senin (14/9/2020).

Saat ini, pemerintah tetap mengimbau masyarakat yang bepergian ke tempat pariwisata agar mematuhi protokol kesehatan dengan ketat untuk meminimalisir terjadinya penularan covid-19.

“Presiden juga mengarahkan agar kampanye untuk meningkatkan perilaku masyarakat, meningkatkan kedisiplinan terus dilakukan, dan kampanye ayo memakai masker, kemudian yang tahap berikutnya, ayo menjaga jarak dan hindari kerumunan, dan berikutnya Ayo Mencuci Tangan, untuk diintensifkan di daerah,” lanjutnya.

Baca juga: Setelah Jolong, Wisata di Gunungsari Sedang Siapkan Pembukaan

Sementara itu, pengembangan vaksin Covid-19 saat ini masih terus dilakukan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan, beberapa yang tengah diuji klinis adalah vaksin Sinovac asal China, AstraZeneca dari Oxford serta CanSino dan Pfizer.

Meski demikian Erick menuturkan Indonesia juga mencari alternatif vaksin lain yang bisa diuji coba dan dikembangkan di Indonesia.

“Kami terus melakukan kerja sama dengan CEPI (Coalition for Epidemic Prepareness Inovation) dan GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization),” imbuhnya.

Namun ia memastikan ada dua vaksin yang bisa didapatkan masyarakat dalam waktu dekat.

“Kami ingin memastikan kebutuhan vaksin untuk rakyat Indonesia yang sudah diputuskan ada 2 macam, bantuan vaksin pemerintah dan program vaksin mandiri di mana individu yang dianggap mampu harus membeli,” tuturnya. (*)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul ‘Pemerintah Beri Insentif Pariwisata usai Uji Vaksin Corona

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed