oleh

Pati Bangun Laboratorium Covid-19, Bisa Tes 200 Spesimen Sehari

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tengah membangun Laboratorium Covid-19. Laboratorium yang sudah digagas lebih dari satu bulan lalu ini dapat menguji 200 spesimen per hari.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Pati Haryanto selepas mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati.

“Sehari paling ndak bisa sampai 200-an spesimen yang bisa dites,” ujar Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pati saat ditemui Gedung DPRD Kabupaten Pati, Senin (5/10/2020).

Laboratorium yang akan ditempatkan di RSUD RAA Soewondo ini saat ini masih dalam tahapan pengadaan barang. Haryanto menargetkan pertengahan bulan ini laboratorium ini dapat digunakan.

Baca juga : Pemkab Pati Berencana Buat Laboratorium Covid-19

Saat ini pihaknya masih mengandalkan laboratorium rujukan yang berada di luar Kabupaten Pati. Hal ini memerlukan waktu untuk mendapatakan hasil tes swab.

“Kita sudah proses InsyaAllah nanti kita sudah pengadaan alatnya. Mudah-mudah pertengahan (bulan) ini bisa operasional agar dapat menunjang percepatan penanganan,” lanjut Haryanto.

“Tidak menunggu (hasil) swabnya di Semarang, Salatiga dan Jogja yang satu minggu baru keluar. Jadi nanti kalau kita mempunyai sendiri kita bisa mendapatkan hasil cepat, kita (dapat) mengantisipasi dengan cepat. Yang diisolasi itu indikasinya negatif juga dapat segera pulang,” tandasnya.

Pembuatan laboratorium ini kalah cepat dengan kabupaten tetangga. Sebelum adanya rencana pembuatan laboratorium di Kabupaten Pati, beberapa kabupaten tetangga telah berdiri laboratorium uji spesimen virus corona. Di Kabupaten Kudus dan Jepara sudah berdiri sejak beberapa beberapa bulan yang lalu. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait