oleh

Dewan Anggarkan Pendirian Laboratorium Covid-19 di Pati

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati akan menganggarkan pendirian laboratorium spesimen virus corona atau PCR.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pati Joni Kurnianto saat ditemui Mitrapost.com di ruangannya, Jumat (11/9/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berencana membangun laboratorium untuk pengujian spesimen virus corona. Ini dilakukan mengingat kasus positif Covid-19 terus merangkak naik hingga Bumi Mina Tani masuk daftar daerah yang memiliki risiko penularan virus corona tinggi.

Selain itu, laboratorium ini didirikan karena laboratorium rujukan yang diperuntukkan bagi Kabupaten Pati terbilang jauh dan memerlukan waktu tempuh lama.

“Laboratorium rujukan kita kan ada di Solo, Semarang dan Salatiga, itu kan waktunya lama karena banyak yang diuji sampelnya,” ujar politisi asal Partai Demokrat ini.

Baca juga: Pemkab Pati Berencana Buat Laboratorium Covid-19

Maka dari itu, pihaknya telah berdiskusi kepada Pemkab Pati untuk membangun laboratorium sendiri.

“Kita (Pimpinan Dewan) sudah bicarakan kepada Pak Bupati, Pak Sekda untuk membeli alat swab. Nanti ada dua opsi, opsi pertama dengan cara konvensional harganya sekitar Rp2 miliar akan kita anggarkan. Terus yang kedua adalah alat yang bisa dibawa pergi harganya Rp900 juta,” kata Pimpinan Dewan yang akrab disapa Bang Joni ini.

Opsi yang kedua, lanjut Bang Joni, memang lebih murah, tetapi reagennya atau cairan untuk mengetes jauh lebih mahal. “Hampir dua kali lipat yang biasa,” jelas Joni

“Nanti InsyaAllah sudah dianggarkan pada perubahan anggaran APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2020,” tandasnya. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed