oleh

Soroti Recovery UMKM, Dewan Pati: Responsibility Pemda Diperlukan

Pati, Mitrapost.com Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Pati menyoroti recovery ekonomi khususnya di sektor UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Muslihan, recovery sektor UMKM bisa dilakukan dengan memberikan dana stimulan berupa permodalan agar usaha yang berjalan tidak lumpuh.

“Sehingga terkait hal tersebut Pemda Pati harus melakukan recovery dengan memberikan permodalan bagi UMKM dan pelaku usaha, sebagaimana menyambut kebijakan pemerintah yang terdiri dari tahap pertama fase survival. Di fase ini Pemda Pati UKM harus membantu UMKM dan pelaku usaha yang terdampak pandemi covid-19 agar dapat bertahan,” jelasnya.

Sementara tahap kedua recovery, lanjut Muslihan, adalah dengan mengidentifikasi kesiapan pelaku UMKM dan pelaku usaha melalui pinjaman modal dengan suku bunga rendah. Yakni melalui stimulasi dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dan BPR Bank Daerah Pati.

Baca juga: Masyarakat Takut Resesi Bikin Harga Emas Antam Terus Naik

Tahap ketiga yakni fase meningkatkan kemampuan UMKM untuk dapat berkembang. Hal tersebut salah satunya, menurut Muslihan dapat ditempuh dengan digitalisasi UMKM. Metode ini dinilai akan cukup efektif di masa pandemi, terlebih berpacu pada data dari Bank Indonesia (BI) ada kenaikan penjualan online sebesar 18% selama pandemi ini.

Digitalisasi UMKM tentu menjadi jembatan untuk memenuhi kebutuhan antara pembeli dan penjual lebih mudah.

“Oleh karena itu responsibility Pemda Pati terhadap hal ini sangat diperlukan,”pungkasnya. (Adv/AR)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed