oleh

Patuhi Prokes, Pjs Rembang Apresiasi Upaya Santri Tumpas Covid-19

Rembang, Mitrapost.com – Pemkab Rembang menyampaikan terima kasih kepada para santri dalam acara peringatan Hari Santri Nasional yang terselenggarakan di pendopo Museum Kartini Kabupaten Rembang, Kamis (22/10/2020).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Imam Maskur selaku Pjs Bupati Rembang saat menyampaikan sambutan. Ia mengapresiasi para santri Rembang karena telah membantu mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Peringati Hari Santri Nasional, Pjs Bupati Rembang: Membawa Berkah Berakhirnya Pandemi

Ia menilai, para santri telah berusaha keras menerapkan protokol kesehatan, meskipun rumit dan detail. Komitmen kuat para santri untuk memutus penyebaran Covid-19, membuat Rembang menjadi salah satu wilayah yang tak terjadi kemunculan klaster Ponpes.

Perjuangan tersebut dimulai sejak awal munculnya covid-19 pada Maret lalu. Ponpes harus memulangkan para santri yang jumlahnya mencapai ribuan. Tak berhenti di situ, perjuangan melawan Covid-19 pun berlanjut saat santri mulai kembali ke pondok.

Baca juga: Dewan Pati Minta Penyederhanaan Regulasi Kepengurusan BPJS PBI

Pihak ponpes harus mengawal ketat penerapan protokol kesehatan agar Covid-19 tidak menjangkiti para santri pondok.

“Kalau di kota lain ada klaster pondok pesantren. Di kabupaten Rembang tidak ada, ” ujar Imam Maskur, Kamis (22/10/2020).

Bahkan, Imam Maskur mengungkap Raoudlatut Thalibin yang merupakan salah satu ponpes di Rembang masuk ke dalam 15 terbaik penerapan protokol kesehatan Covid-19 se- Jawa Tengah. Wujud apresiasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memberikan bantuan kepada 15 Ponpes terbaik tersebut.

Baca juga: Pandangan Dewan Terkait Wacana UMKM Terhubung Perbankan, Perpajakan, dan BPJS

“Nanti akan dibantu pemerintah provinsi sarana dan prasarana yang dibutuhkan ponpes yang nilainya Rp125 juta. Jadi 15 ponpes akan dibantu Pak gubernur dan Pak wakil gubernur sejumlah Rp1,9 miliar, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pjs Bupati berharap melalui peringatan Hari Santri ini, para santri dan kiai tak berhenti untuk mematuhi protokol kesehatan. Ia yakin jika santri sehat maka Indonesia kuat, sesuai tema Hari Santri tahun ini, “Santri Sehat Indonesia Kuat”.  (Adv/AA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Berita Terkait