Eksistensi Santri, dari Resolusi Jihad Hingga Pelopor Kemandirian Bangsa

Pati, Mitrapost.com Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, merupakan momen yang bersejarah di mana santri dengan resolusi jihad-nya pada 1945 menjadi salah satu bagian dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Hari Santri Nasional ini kan berawal dari Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh Hadrotus Syeikh KH. Hasyim Asyari. Di mana resolusi jihad itu memberikan dorong mental yang luar biasa kepada para pemuda dan santri-santri pada waktu itu untuk terlibat dalam pertempuran di Surabaya,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Narso kepada Mitrapost.com, Kamis (22/10/2020)

Resolusi jihad ini tidak hanya mengobarkan semangat para santri di Surabaya saja. Namun, juga meluas ke berbagai daerah lainnya.  Hal ini membuat Bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga :   Dewan Menilai KBM Tatap Muka di Pesantren Cukup Aman

Baca juga: Peringati Hari Santri Nasional, Pjs Bupati Rembang: Membawa Berkah Berakhirnya Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati