oleh

Musim Hujan, Bupati Pati: Pasti Ada Banjir, Pasti Ada Tanggul Jebol

Pati, Mitrapost.com Memasuki musim hujan ini, Bupati Kabupaten Pati Haryanto meminta jajarannya untuk mengantisipasi adanya bencana alam.

Menurutnya di musim hujan tahun ini banyak bencana alam yang akan terjadi apabila tidak ada langkah pencegahan, antisipasi dan penanganan bencana alam.

BPKAD Pati

Hal tersebut diungkapkan Haryanto dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (2/11/2020). Rapat ini dihadiri seluruh perwakilan oranisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Pati. Termasuk perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para Camat se-Kabupaten Pati.

“Ini sudah musim penghujan, pasti ada banjir, pasti ada sungai jebol, pasti ada sampah tersumbat. Jadi harus kita siapkan sekarang. Jangan sampai kita (pimpinan) bengok-bengkok dulu,” ujar Haryanto kepada seluruh OPD Kabupaten Pati.

Baca juga: Hujan Semalam, Sejumlah Wilayah di Kabupaten Kebumen Dilanda Banjir dan Longsor

Terlebih, katanya, saat ini fenomena La Nina diprediksi akan menyelimuti Indonesia dalam sebulan lebih ke depan. Ditambah situasi pandemi Covid-19 dan Pilkada semakin menambah beban Indonesia.

“Apalagi saat ini La Nina, cuaca ekstrem, hujan lebat. Wes Pilkada, wes corona, wes bencana alam. Kalau kita cuma banjir kali hanya saja action yang ada dianggap biasa, ‘eleh koyok tahun wingi’,” tutur Haryanto.

Maka dari itu ia meminta para jajarannya untuk mengantisipasi fenomena alam ini serta mempublikasikan capaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam menanggulangi bencana ini.

“Mohon antisipasi bencana alam ini… Jangan tidur tok. Kan Sabtu pagi sudah rapat tentang bencana,” tandasnya.

Sementara itu, belum genap satu pekan, telah terjadi setidaknya ada 4 bencana alam. Dua banjir yang menggenangi puluhan hingga ratusan hektar sawah, dua bangunan ambruk. Kesemuanya terjadi lantaran adanya cuaca ekstrem, baik hujan lebat hingga angin kencang. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait