oleh

Lab PCR Siap Pakai, Dewan Berharap Ada Tes Swab Gratis

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Darah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah berharap Laboratorium Biomolekuler atau Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Pati gratiskan layanan Swab Test kepada masyarakat kurang mampu.

Muntamah mengatakan berdasarkan ketentuan, penyelenggaraan tes swab bisa digratiskan khusus bagi mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Baca juga: Hadirnya Lab PCR Diharapkan Kurangi Stigma Negatif Penanganan Covid-19

“PCR kalau pasien memang dibiayai negara, bagi yang teracking ada kontak dan terindikasi covid,” kata politisi dari Partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Kamis (12/11/2020).

Namun, lanjut Muntamah, bagi masyarakat yang lakukan swab test untuk keperluan pekerjaan dan sebagainya Pemkab Pati tetap terapkan tarif.

Baca juga: Punya Laboratorium PCR, RSUD Soewondo Pati Tambah Ruang Isolasi

Ia berharap Pemkab mempunyai kelonggaran terhadap regulasi ini, sehingga masyarakat yang kurang mampu mendapatkan pelayanan swab test gratis.

“Kalau untuk kepentingan perjalanan dan semacamnya tergantung golongan masyarakat. Bagi yang tidak mampu untuk golongan pekerja, harapan saya gratis sesuai kondisi sosial ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sekadar informasi, Laboratorium PCR saat ini  bertempat di RSUD RAA Soewondo. Lab ini digadang-gadang dapat menguji 180 sampel tes swab dalam sehari dengan durasi pengujian 5 jam.(Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait