oleh

Stok Darah PMI Pati Menipis, Hanya Cukupi Kebutuhan Hingga Besok

Pati, Mitrapost.com Humas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati, Syafaati, mengungkapkan stok darah di lembaganya saat ini menipis.

“Untuk stok darah hingga hari ini (golongan darah) A (sebanyak) 13 kantong, B 19, O 18 dan AB ada 20,” ujar Syafaati saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Kamis (19/11/2020) siang.

BPKAD Pati

Bahkan, lanjutnya, stok yang ada ini hanya mencukupi kebutuhan selama dua hari atau hari ini sampai besok.

“Kebutuhan darah rata-rata 30 (kantong per hari) sehingga untuk kebutuhan darah stok yang ada ini dapat mencukupi hari ini sampai besok pagi,” bebernya.

Stok darah yang menipis ini karena jumlah pendonor yang mengalami penurunan selama pandemi Covid-19. Berdasarkan data jumlah pendonor menyamai penurunan hingga 70 persen dibandingkan dengan tidak adanya pandemi Covid-19.

Baca juga: Stok Darah Menipis, Komunitas MIK Semar Gelar Donor Darah

Para pendonor ini khawatir tertular penyakit yang disebabkan virus corona baru ini apabila mendonorkan darah. Padahal virus corona tidak dapat menyebar melalui plasma darah.

“Padahal ndak ada hubungannya itu. Jadi yang donor dan transfusi (darah) itu ndak menularkan (virus corona),” kata Ketua PMI Kabuapten Pati Haryanto yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pati saat ditemui secara terpisah.

Maka dari itu, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendonor agar tidak khawatir tertular Covid-19. Terlebih PMI Kabuapten Pati selalu menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas. (*)

Baca juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Berita Terkait