oleh

Tiga Golongan Orang yang Dicintai Allah

Mitrapost.com Rasa cinta tertinggi adalah saat kita dicintai Allah, sang Khaliq yang menciptakan alam dan seisinya. Umat Islam, khususnya sangat mengidam-idamkan agar dicintai Allah dan Rasul-Nya.

Cinta dan kasih dari Allah tiada terkira rasanya, namun tak mudah untuk mendapatkannya. Lalu siapa saja golongan yang dicintai Allah yang Maha Agung ini?

Orang yang mencintai Allah dan Rasul

Mereka yang mencintai Allah dan Rasul-Nya, insyaallah juga akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang-Nya. Mencintai Allah dan utusan-Nya berarti kita dengan sepenuh hati menjalan segala perintah dan tidak melakukan larangan Allah.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

”Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Mahapengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Imran: 31).

Orang yang berbuat adil

Sifat adil adalah hal yang sangat banyak tantangannya, sebab ia tidak boleh berat sebelah.

فَإِنْ جَاءُوكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ أَوْ أَعْرِضْ عَنْهُمْ ۖ وَإِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَضُرُّوكَ شَيْئًا ۖ وَإِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

”Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (untuk meminta putusan), maka putuskanlah (perkara itu) di antara mereka, atau berpalinglah dari mereka, jika kamu berpaling dari mereka maka mereka tidak akan memberi mudharat kepadamu sedikit pun. Dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah di antara mereka dengan adil, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.” (QS Al-Maidah: 42).

Orang yang menyucikan diri

Dalam Islam, umat muslim sudah latih untuk selalu menyucikan diri baik itu secara fisik maupun batin. Secara fisik seperti melakukan wudhu, secara batin dengan melaksanakan salat, puasa dan zakat.

 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

”Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al-Baqarah: 222).

(*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Komentar

Berita Terkait