Puskesmas Juwana Kebanjiran Klaster APS

Pati, Mitrapost.com Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengatakan Puskesmas Juwana kebanjiran pasien Covid-19 dari Klaster Atas Permintaan Sendiri (APS) atau pulang paksa.

“Gini itu dia (Puskesmas Juwana) kebanjiran APS (atas permintaan sendiri) atau pulang paksa,” ujar Haryanto saat diwawancara awak media, Senin (23/11/2020) lalu.

Para pasien APS ini, lanjut Haryanto, sebelumnya dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Pati. Namun, karena merasa sehat mereka ingin pulang dan menjalani perawatan di rumah.

“Dari pulang paksa itu ya ada dari (RS) Mitra Bangsa, ada dari (RS) Budi Agung, ada dari (RS) KSH dan lain-lain. Setalah dia (pasien APS) kerasa lagi di rumah ia periksa di Puskesmas (Juwana),” jelas Haryanto.

Baca Juga :   Rem Mendadak, Tiga Mobil Tabrakan Beruntun di Traffict Light Sampang Juwana

Baca juga: Pemkab Catat Ada 7 Klaster Covid-19 di Pati

Maka dari itu, Haryanto mengaku telah membuat surat yang ditujukan rumah sakit untuk mencegah pasien pulang sebelum benar-benar dinyatakan tidak terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sehingga dalam hal ini saya sudah buat surat ke rumah sakit yang intinya kalau benar-benar ada indikasi ndak boleh pulang paksa. Harus rawat di situ (RS),” kata Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

Komentar