oleh

Dinkes Pati Lakukan Pembekalan Calon Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati selenggarakan Pembekalan Pencegahan Penanganan dan Pemulasaran Jenazah Covid-19 kepada 14 relawan calon tim pemakaman jenazah Covid-19 FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kabupaten Pati.

Edi Siswanto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengungkapkan latar belakang dibentuknya tim ini adalah sebagai respons aduan terkait kekhawatiran masyarakat terhadap standar penguburan Covid-19 dilihat dalam perspektif agama.

Baca juga: Zona Merah, Satgas Covid-19 Pati Catat 6 Kecamatan Kasus Tinggi

“Karena kita kemarin ada keluhan, amit sewu bahwa kita dinggap kurang melayani terhadap jenazah korban covid.  Keluhan-keluhan seperti itu, terutama datang dari agama Islam. Menurutnya tidak sesuai syariat dan sebagainya,” kata Edy, Rabu (2/12/2020).

“Tindak lanjutnya kita bekerjasama dengan kelompok masyarakat FKUB (Forum Kebersaman Umat Beragama) dan kita mintai tolong agar ada relawan untuk pendampingan,” imbuhnya.

Baca juga: Muncul Covid-19 di Sekolah, Ganjar Minta Langsung Ditutup

Setelah dilakukan pembekalan penerjunan tugas akan disesuaikan dengan instansi atau organisasi di masing-masing rumah tangga.

Seperti tim pemakaman BPBD, tim pemakaman FKUB akan menindaklanjuti jenazah terduga terpapar Covid-19 yang dipulangkan oleh rumah sakit.

“Kami punya jaringan rumah sakit yang banyak, nanti itu akan dibagi personelnya seperti yang ada di BPBD, nanti penerjunannya disumanggaaken masing-masing organisasi,” terang Edy. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait