oleh

Bagi Pengusaha Fiktif, Dana BPUM Bakal Ditarik?

Pati, Mitrapost.com – Bantuan BPUM dari Kementerian Koperasi dan UMKM tahap kedua telah dicairkan. Beredar pesan di media sosial mengatasnamakan Bank BRI bahwa akan ada tim khusus yang diterjunkan ke lapangan untuk memeriksa penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Pesan tersebut menyebutkan, bila ada penerima BPUM yang terbukti tidak memiliki usaha, bantuan yang didapat akan ditarik kembali atau masuk dalam pinjaman.

Baca juga: Masa Pendaftaran Bantuan UMKM II Berakhir, Dinkop UMKM: Ini Kami Tahap Verifikasi

Mitrapost.com mengonfirmasi kabar tersebut kepada Kabid Dinkop UMKM Pati, Hendri Kristianto. Ia sepenuhnya menepis kabar burung tersebut.

Kata Kris, hingga saat ini belum ada instruksi resmi dari pusat terkait verifikasi penerima BPUM. Meski begitu ia tidak memungkiri bahwa proses konfirmasi perlu dilakukan agar bantuan tidak salah sasaran.

Baca juga: Bansos UMKM Kembali Diperpanjang Hingga 26 November

“Kabar itu baru statement di kalangan masyarakat, secara resmi dari Kemenkop belum ada pemberitahuan atau perintah resmi,” kata Kris kepada Mitrapost.com, Jumat (4/12/2020).

“Kemungkinan itu bisa dilakukan kalau sudah selesai (pencairannya). Karena banyak juga didapati pelaku usaha yang kemarin tidak punya usaha hanya minta surat ke kepala desa,” imbuhnya.

Pendaftaran BPUM telah ditutup sedang proses pencairan dananya masih dilakukan bertahap. Dinas Koperasi dan UMKM mencatat selama 2 periode penyaluran bansos, sebanyak 68.612 pelaku usaha di Pati telah mendaftarkan diri.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait