oleh

Kemenag Pati Bakal Gelar Simulasi KBM Tatap Muka di Madrasah Tahun Depan

Pati, Mitrapost.com – Uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di tengah pandemi Covid-19 telah dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati. Tahun Depan, Kementerian Agama (Kemenag Pati) dikonfirmasi akan melakukan hal serupa pada satuan pendidikan madrasah di segala jenjang.

“Sama, saat ini secara nasional di Kementerian Agama ada yang sudah simulasi. Pati juga akan ikut. Tapi dalam waktu dekat kayaknya masih belum, kita mulai Januari. Ini soalnya mau libur usai penerimaan rapor,” kata Ruhani, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati saat ditemui Mitrapost.com belum lama ini.

Baca juga: Kabupaten Pati Resmi Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Ini Bocorannya

Sebagai rencana awal, uji coba KBM tatap muka Kemenag akan di lakukan di 3 jenjang pendidikan. Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD, Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) setara SMP, dan Tingkat Madrasah aliyah (MA) setara SMA.

Tingkat MI akan diujicobakan di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) Kayen, di tingkat MTs akan dilakukan di MTs Negeri Pati, dan di tingkat MA dilaksanakan di MAN 1 Pati. Lokasi ini dapat berubah tergantung kesiapan lembaga pendidikan terkait.

Baca juga: Video : Dua Sekolah dapat Izin Simulasi, Disdik Pati Batalkan Empat Lainnya

Ruhani mengungkapkan, dalam pelaksanaanya uji coba akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain setiap lini harus menerapkan protokoler 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), siswa yang menjalani KBM tatap muka harus sudah mendapatkan izin dari orang tua, dan komite pendidikan.

Masuknya siswa juga dibuat sistem shift, satu kelas hanya diperbolehkan mengikutsertakan separuh jumlah normal.

Baca juga: Pelti Pati Gelar Bupati Cup Tenis Lapangan ke-XVIII

“Tidak masuk semua. Bertahap, soalnya masih physical distancing. Kalau misal di satu kelas ada 25 sampai 30 anak maka dibagi shift jam 7 sampai 9 dan jam 9 sampai 1 siang,” terang Ruhani.

Kendati demikian, uji coba KBM tatap muka bisa terlaksana apabila telah mendapatkan izin dari kepala daerah atau ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati.

“Karena Kementerian Agama tidak tahu bahaya Covid, bagaimana penularannya. Yang tau tim medis dan dinas kesehatan maka kita selalu koordinasi dan bersinergi supaya Covid ini cepat hilang. Agar tidak terjadi penularan,” pungkas Ruhani.(*)

Baca juga: 

Tonton video “Kembali Ikuti Kompetisi, Semangat Atlet Cabor Tenis Meja Membara”

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait