oleh

Asuransi Pertanian Baru Mengcover 4 Kecamatan di Pati

Pati, Mitrapost.com – Minat masyarakat petani di Kabupaten Pati terhadap Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) atau disebut asuransi pertanian menujukan tren positif. Dinas Peratanian (Dispertan) Pati mencatat ribuan hektar lahan pertanian telah memanfaatkan program AUTP.

Program AUTP dibagi menjadi 2 jenis, yakni AUTP APBD yang merupakan program dari Pemerintah provinsi dan AUTP APBN  dari pemerintah pusat.

Baca juga: Meski Hadapi Resesi, Laju Pertumbuhan Produk Pertanian Pati Diprediksi Meningkat

Rukisih, Selaku Seksi Agribisnis Dispertan Pati mengungkapkan, di tahun 2020 program AUTP baru bisa mencover 4 kecamatan saja. Pasalnya PT Jasindo (Asuransi Jasa Indoensia) selaku penyelenggara, tahun ini menutup kuota penerima asuransi karena alasan tertentu, dan kemungkinan baru tahun depan akan kembali membuka kuota lagi.

4 kecamatan ini adalah Kecamatan Pati, Dukuhseti, Gabus, dan Jakenan.

Baca juga: Dinas Pertanian Imbau Warga Segera Lapor Jika Temukan Penimbun Pupuk

Sedangkan rincian jumlahnya, untuk AUTP APBN, dari 1.500 hektar lahan padi yang diajukan, baru terealisasi 426,21 hektar, lantaran kuota nasional Jawa Tengah dialihkan ke Jawa Timur.

“Karena untuk Jawa Tengah kuota terbatas itu kemarin ditutup kuotanya untuk Jawa Timur. Dari 35 kabupaten di Jawa Tengah memang kurang semua karena diminta Jawa Timur,” kata Rukisih kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Rabu (23/12/2020).

Komentar

Berita Terkait