oleh

Siap Gelar Ibadah Natal, Gereja Katolik Santo Yusuf Batasi Jemaat

Pati, Mitrapost.com Gereja Katolik Santo Yusuf Pati siap menggelar Ibadah Natal tahun 2020 di tengah masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Pastor Paroki Gereja Katolik Santo Yusuf Pati, Romo Kris mengungkapkan agar tidak terjadi penularan virus corona, pihaknya membatasi jemaat yang datang.

“Karena jumlah umat ada 2.600. Kalau bisa ikut hanya 200. Sisanya untuk streaming,” ujar Romo Kris saat ditemui di Gereja Santo Yusuf, Rabu (23/12/2020) kemarin.

Pihaknya juga melakukan shift ibadah Natal pada tahun ini. Untuk ibadah di malam Natal, ada dua waktu, yakni pukul 6 petang dan 8.30 malam.

“Ibadah Natal untuk malam Natal dua kali. Jam 6 petang dan jam 8 30 . Untuk pagi jam 8 dan jam 10. Dengan kuota untuk seratus orang,” katanya.

Baca juga: Jelang Natal, Ganjar Sidak Gereja Pastikan Protokol Kesehatan

Selian itu, pihaknya pun membatasi usia jemaat yang datang. Usia di bawah 10 tahun dilarang menghadiri ibadah Natal di Gereja. Begitu pula bagi orang yang lanjut usia (lansia) berumur 70 tahun keatas.

“Lalu tidak komorbid atau rentan terhadap covid ini. Untuk dari luar kota disuhakan tidak ikut,” jelasnya.

“(Kami) tidak memasang tenda pos keamanan. Tidak menggunakan buku panduan atau kertas. Karena rawan. Semua ditayangkan dengan lcd proyektor,” lanjutnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan sarana prasarana agar jemaat nanti dapat menetapkan protokol kesehatan di gereja.

Sebelumnya, pihak Gereja Katolik Santo Yusuf Pati telah meminta izin kepada Kepolisan Resor (Polres) Pati, Kodim Pati serta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

“Perayaan natal sudah izin kepada polres, kodim dan Satuan Tugas untuk penanganan Covid-19 Kabupaten Pati. Surat sudah diajukan,” tandasnya. (*)

Baca juga: Unik, Gereja Bertema Covid-19 di Kota Semarang

 

Kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram untuk mendapatkan informasi lainnya.

Redaktur : Ulfa PS

 

Komentar

Berita Terkait