oleh

Video : Dispertan Pati : Langkanya Kedelai Adalah Isu Global

Pati, Mitrapost.com – Kabid Tanaman Pangan dan Holtikutura Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Kun Saptono mengungkapkan, Kabupaten Pati bukan satu-satunya wilayah yang merasakan langkanya komoditas kedelai. Fenomena ini telah menjadi permasalahan global.

Lebih lanjut, kata Kun Indonesia saat ini tengah bersaing mendapatkan pasokan impor kedelai, khususnya dengan negara Tiongkok yang diketahui membutuhkan pasokan kedelai yang cukup besar.

“Selain kedelai lokal, Indonesia juga memasok kedelai impor. Secara global saja bisa saya sampaikan dari pernyataan Pak Mulyono, Direktur Kementan informasinya China ini membutuhkan kedelai 2 kali lipat,” kata Kun kepada Mitrapost.com, Selasa (5/1/2021).

“Ada juga beberapa negara yang saat jni mengalami ketidakstabilan iklim sehingga membuat produksi kedelai menurun, termasuk,” lanjutnya.

Di ranah lokal juga diketahui, stok panen kedelai di tahun 2020 juga sudah menipis.

“Jadi kondisi yang sekarang itu suplay demand harga pasar stok di daerah itu juga semakin habis. Karena di tempat kita di Pati panen kedelai lokal itu berada di bulan Agustus kalau di Desember mungkin sudah habis,” terangnya.

Komentar

Berita Terkait