oleh

Pemkab Rembang Kembali Pertegas Peran Jogo Tonggo

Rembang, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, Selasa (5/1/2021), menggelar rapat koordinasi pengaktifan Satuan Tugas (Satgas) Jogo Tonggo dalam penanganan virus Covid-19di Pendapa Museum Raden Ajeng (RA) Kartini. Kegiatan penguatan jogo tonggo dinilai penting dalam menekan kasus covid-19 maupun penanganan keluarga pasien.

Dalam pelaksanaannya, Jogo Tonggo mancakup dua hal, yaitu jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi. Jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan, dan pemantauan warga. Sementara itu, jaring pengamanan ekonomi akan memastikan tidak ada satu pun warga yang kelaparan selama wabah dan mengusahakan kegiatan ekonomi warga berjalan dengan baik pasca wabah.

Baca juga: Pemkab Rembang Akan Tertibkan Pemanfaatan Lahan Pelabuhan Sluke

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Rembang, Sulistiyono mengatakan digelarnya rapat koordinasi dalam rangka untuk tindak lanjut yang tanggap dan cepat dari pemkab hingga ke tingkat Pemerintah Desa terhadap perkembangan Covid-19 di Kabupaten Rembang sangat luar biasa banyaknya.

“Dalam rangka percepatan untuk penekanan permasalahan Covid-19, di Rembang, agar jangan sampai semakin ke sini, semakin ke sini, semakin banyak. Bagaimana caranya agar Covid-19 ini, bisa ditekan. Dikurangi, ” imbuhnya.

Baca juga: Video : Pemkab Rembang Dukung Penghijauan di Waduk Warugunung

Sulistiyono mengungkapkan dalam kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama. Kegiatan tersebut diikuti oleh Camat beserta Kepala Desa Rembang meliputi Kecamatan Rembang dan Kecamatan Kaliori.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Rembang, Achmad Mualif menerangkan Kabupaten Rembang, selama 2 pekan ini menempati posisi rangking 3 nasional dalam penambahan kasus Covid-19.

Achmad Mualif menyebutkan total orang yang terpapar Covid-19 sebanyak 2.310 orang. Saat ini pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi mandiri di rumah sebanyak 469 orang. (ADV/AA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait