Merapi Luncurkan 15 Kali Lava Pijar Pagi Ini

Sleman, Mitrapost.com Pantauan terbaru oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat aktivitas Gunung Merapi meluncurkan 15 kali lava pijar per Sabtu (9/1/2021).

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menjelaskan bahwa pantauan tersebut tercatat dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB atau selama 6 jam sudah ada 15 kali luncuran lava pijar.

“Periode 9 Januari 2021, pada laporan per 6 jam teramati guguran lava pijar sebanyak 15 kali dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke hulu Kali Krasak. Terdengar 1 kali suara guguran dari Pos Babadan, Magelang,” jelas Hanik Humaida.

Lebih lanjut, selama periode 6 jam ini tercatat kegempaan Merapi sebanyak 36 kali gempa guguran, 7 kali gempa hembusan, 51 kali gempa fase banyak, dan 12 kali gempa vulkanik dangkal.

Baca Juga :   Aktivitas Merapi Hari Ini Tercatat 21 Kali Gempa Guguran

Baca juga: Fase Erupsi, Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar Enam Kali

Sedangkan data pada Jumat (8/1/2021) Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar 16 kali dengan jarak luncur maksimal 600 meter ke hulu Kali Krasak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati