Volume Kubah Lava Gunung Merapi Semakin Meningkat

Baca juga: Puncak Merapi Alami Perubahan Morfologi, BPPTKG: Muncul Rekahan Baru

Pihaknya juga menyebut jika kubah lava yang berada di sisi barat daya yang paling intens mengeluarkan awan panas guguran maupun guguran lava pijar.

“Ya jelas yang di atas (Lava) 1997 itulah yang lebih intens terjadinya pusat keluarnya magma menjadi yang sekarang sudah menjadi lava pijar dan juga kemarin ada awan panas,” ujarnya

Pada dasarnya, lanjut Hanik, kubah lava di bagian barat daya dan bagian tengah merupakan satu kesatuan. Sebab, ada rekahan yang berada di kawah bagian tengah hingga bagian barat daya.

“Sebenarnya, ini satu kesatuan. Kalau kita lihat itu kan ada cracking (rekahan) di situ. Tadinya ada di tengah, lalu aktifnya ada di ujung. Itu bukan dua kubah, tapi saya kira itu adalah satu kesatuan saja, tapi yang lebih intens sekarang adalah munculnya di tebing,” jelas Hanik.

Baca Juga :   Perubahan Morfologi Puncak Merapi, BPBD Bahas Nasib Pengungsi

Baca juga:Fase Erupsi, Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar Enam Kali

Sebelumnya, Hanik menyebut BPPTKG belum bisa menghitung volume kubah lava baru Gunung Merapi.  Sebab, kubah lava yang muncul selain berada di lereng, juga masih sangat kecil untuk dihitung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati