oleh

Video : Jaga Lingkungan, Pemuda Plawangan Rutin Bersihkan Pantai

Rembang, Mitrapost.com – Sejumlah pemuda Desa Plawangan resik-resik kisik di tepi pantai desa setempat, Jumat (22/1/2021). Pembersihan dimulai dari sampah plastik hingga sejumlah sampah organik,  seperti kayu dan beberapa ranting pepohonan yang dibawa ombak ke tepi pantai.

Gerakan bersih pantai atau dalam bahasa sekitar disebut resik-resik kisik ini tidak hanya dilakukan kali ini saja. Melainkan sudah dimulai hampir satu tahun terakhir,  berbarengan terbentuknya ruang baca Lentera Kisik yang berdiri ditepi pantai.

Dari penuturan Son Aji, pemuda penggagas ruang baca tersebut, gerakan bersih pantai merupakan salah satu agenda perpustakaan kecilnya yang diadakan saben bulan.  Setidaknya ada dua kali dalam sebulan.

Setiap aksi bersih-bersih itu setidaknya Son Aji dan pemuda lainnya mengumpulkan 8 sampai 12 karung sampah.

Menurutnya sampah-sampah itu tak hanya datang dari warga, melainkan datang dari laut yang dibawa entah dari mana.

“Tapi sampah bisa saja bertambah,  jika badai. Paling-paling sampahnya banyak berupa plastik dan kayu-kayu dari laut,” imbuhnya.

Sampah-sampah itu juga disinyalir sumbangan dari warga luar desanya. Kebiasaan nelayan yang membawa sampah saat berangkat ke laut dan membuangnya turut menyumbang besar sampah di tempat itu.

Komentar

Berita Terkait