oleh

Tinjau Lokasi Banjir di Pekalongan, Gus Yasin Imbau Pembersihan Sampah

Semarang, Mitrapost.com Demi mencegah banjir yang sering terjadi karena ada penyumbatan sampah di aliran air, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengimbau masyarakat menjaga kebersihan sungai secara baik.

Gus Yasin, sapaan akrab wagub, mengatakan bahwa pembersihan tempat aliran sungai itu penting. Apalagi saat musim penghujan, potensi bencana banjir cukup tinggi, ditambah perilaku masyarakat yang masih membuang sampat tidak pada tempatnya.

“Saya minta kepada masyarakat mulai dari hulu sampai ke hilir untuk jaga sungai kita. Sungai yang ada kita bersihkan, jangan buang sampah sembarangan sehingga menyebabkan banjir, dan semua bergotong-royong membersihkan selokan di sekitar rumah,” kata Gus Yasin, Senin (25/1/2021).

Baca jua: La Nina Diprediksi Sampai Maret, Ini Daerah Rawan Banjir di Pati

Gus Yasin menambahkan, dirinya telah melakukan tinjauan lokasi banjir di Pekalongan. Menurutnya, sungai di tengah pemukiman padat tersebut kerap meluap dan menyebabkan banjir yang tak kunjung surut.

“Hampir setiap musim hujan sekitar 800 rumah warga sekitar Sungai Bremi tergenang banjir setinggi 20-30 sentimeter,” tambahnya.

Baca juga: Rutan Barabai Terendam Banjir, Puluhan Tahanan Dievakuasi

Gus Yasin mengungkap, sungai yang ditinjaunya, banyak ditumbuhi oleh eceng gondok. Selain itu, ada sampah yang terlihat di sungai.

Bersama warga, Gus Yasin mendiskusikan kemungkinan upaya masyarakat dan pemerintah terkait penanggulangan banjir tersebut.

“Di antaranya membangun tanggul permanen, pengadaan mesin penyedot, dan menjaga kebersihan sungai. Kami apresiasi upaya warga yang sudah mau membuat tanggul secara swadaya,” tutupnya. (fp)

Baca juga: Sungai Cimande Meluap, Kawasan Sumedang Diterjang Banjir

 

Artikel ini telah tayang di Rmol Jateng dengan judul ‘Puncak Musim Hujan, Gus Yasin Minta Masyarakat Bersihkan Sampah Di Sungai

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait