oleh

Anggaran Covid-19 Berkurang, Rumah Karantina Hotel Kencana Tak Diperpanjang

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Lantaran anggaran penanganan pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 di Kabupaten Pati lebih sedikit daripada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tidak memperpanjang kontrak hotel untuk rumah karantina.

Sudah lebih dari 6 bulan Hotel Kencana dijadikan sebagai tempat karantina. Hotel yang terletak di Jalan RA. Kartini ini sudah menampung ribuan orang yang positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

BPKAD Pati

Baca juga: Pokok Pikiran Dewan Pati Belum Tersampaikan dalam RKPD

Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengatakan Hotel Kencana masih digunakan untuk karantina sampai kontrak habis. Setelah kontrak habis, tempat karantina akan dialihkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo.

Baca Juga :   Sehari Dibuka, Hotel Kencana Tampung 45 OTG

“(Hotel Kencana) sampai kontrak terakhir habis. (Setelah itu) kita alihkan di RSUD RAA Soewondo (di) Ruang Wijaya Kusuma tempat isolasi OTG,” ujar Haryanto kepada Mitrapost.com.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, keputusan ini lantaran ketersediaan dana Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati tidak seperti tahun lalu.

Baca juga: Garda Terdepan Lawan Covid-19, Nakes Pati Banyak Berguguran

“Sementara sewa hotel kencana itu memang tinggi dengan sewa Rp3 juta per masa karantina itu cukup banyak menyedot dana dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati,” imbuh Martinus saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Rabu (27/1/2021) kemarin.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati diberikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di tahun 2021. Padahal di tahun 2020, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati dianggarkan sebesar Rp142 miliar untuk menanggulangi Covid-19.

Baca Juga :   NU Peduli Pati Bagikan hingga 500 Takjil per Hari di Bulan Ramadan

Baca juga: Video : Pilkades 2021 di Pati Siap Digelar, Ini Jadwal Tahapannya

Hal ini membuat Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati memutuskan tidak memperpanjang kontrak. Martinus mengungkapkan Hotel Kencana akan habis masa kontraknya pada bulan Maret 2021 nanti.

“Sehingga masa sewa Hotel Kencana sebagai tempat karantina itu Maret 2021,” tandas Martinus. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait