oleh

Diguyur Hujan, Talud di Desa Klumpit Rusak Hingga Longsor

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com Tanah longsor terjadi di Desa Klumpit RT 01/RW 01, Kecamatan Tlogowungu, Kamis (28/1/2021). Peristiwa terjadi pada dini hari sekitar pukul pukul 01.00 WIB.

Andri Sulaksono, Penanggung Jawab Desa Klumpit, mengatakan bahwa kejadian tanah longsor terjadi karena beberapa factor. Diantaranya faktor alam dan faktor usia bangunan talud jalan yang diperkirakan sudah tua.

BPKAD Pati

“Peristiwa tersebut penyebabnya faktor alam, hujan yang terus menerus, dan fondasi bangunan yang sudah tua,” jelas Andri di lokasi kejadian.

Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini di wilayah Kabupaten Pati mengakibatkan talud yang sudah tua mengalami erosi hingga longsor. Dampaknya, material longsoran pun menutup akses jalan penghubung antara Desa Klumpit dengan Desa Gunungsari.

Baca Juga :   Dampak Tsunami Selat Sunda, Korban Berangsur Ditemukan 

“Dampak dari kejadian ini melumpuhkan arus jalan penghubung antara Desa Klumpit dengan Desa Gunungsari,” ujarnya.

Baca juga: Tanah Longsor, Menimpa Satu Pekerja dan Satu Unit Dump Truk

Lokasi tanah longsor tersebut berada tepat di sebelah tanah milik warga Desa Klumpit, Legiman.

“Taludnya ambruk, Mas, gara-gara hujan sejak kemarin gak berhenti-berhenti,” aku Legiman.

Berdasarkan pantauan di lapangan, luas tanah yang longsor itu dengan Panjang 7 meter dan lebar 8 meter. Total kerugian ditaksir mencapai Rp35 juta.

Baca juga: La Nina Diprediksi Sampai Maret, Ini Daerah Rawan Banjir di Pati

Sementara itu, Kapolsek Tlogowungu Sunaryo menjelaskan tim keamanan bersama Babinkamtibmas dan warga telah gotong royong membersihkan jalan secara manual. Pihak Polsek Tlogowungu juga berkoordinasi dengan Muspika Tlogowungu, Polres Pati, BPBD, TNI, dan Dinas untuk proses pembersihan jalan.

Baca Juga :   BPBD Sebut Sejumlah Daerah di Semarang Rawan Banjir Hingga Longsor

“Kami secara sigap melakukan upaya penanganan longsor ini. Sejak pukul 07.00 WIB, kami melakukan pembersihan jalan secara manual bersama warga sembari menunggu datangnya alat berat dari Dinas PU,” ungkap Sunaryo.

Sunaryo menyebut bahwa penanganan dan pembersihan material longsor mengalami sejumlah kendala karena hujan terus mengguyur. (*)

Baca juga: Siaga Bencana Banjir, Kodim Pati Cek Kesiapan Peralatan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait