oleh

Pati Dilanda Banjir, Layanan Kesehatan Perlu Diperhatikan

Pati, Mitrapost.com Kondisi banjir yang melanda sejumlah wilalyah di Kabupaten Pati menjadi perhatian semua pihak. Salah satunya datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Dewan Pati mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) agar lebih tanggap dalam penanganan warga yang terdampak bencana banjir, terutama layanan kesehatan yang layak. Hal ini disampaikan oleh Muntamah selaku Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati.

“Pemerintah harus memperhatikan secara serius korban banjir. Keadaan warga yang terdampak banjir perlu dipenuhi dengan layak,” ungkap Muntamah saat dihubungi, Rabu (10/2/2021).

Anggota Komisi D DPRD dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan bahwa warga di pengungsian harus diperhatikan dari segi kesehatannya juga.

“Selain berupa kebutuhan logistik, warga di pengungsian juga butuh pelayanan kesehatan yang layak. Apalagi, di situasi pandemi yang disertai cuaca ekstrem memungkinkan imunitas warga menurun,” lanjutnya.

Baca juga: Kondisi Banjir, Dewan Minta Prokes Harus Tetap Dijaga

Muntamah menekankan kepada semua pihak, khususnya pemerintah agar pemangku kebijakan segera bergerak menyediakan kebutuhan berupa layanan kesehatan yang layak kepada masyarakat terdampak banjir.

Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mencatat sebanyak 1.506 kepala keluarga (KK) mengungsi lantaran rumahnya mengalami kebanjiran. Mereka terdiri dari berbagai desa dari lima kecamatan di Kabupaten Pati. Yakni Kecamatan Juwana, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Gabus, Kecamatan Pati, dan Kecamatan Sukolilo.

Selain, itu ada satu kecamatan yang mengalami banjir tetapi warganya tida mengungsi, yaitu Kecamatan Kayen.

Meskipun mereka tidak mengungsi mereka layak untuk diberikan bantuan dan penanganan cepat. Mengingat sejauh ini ada banyak korban yang kebutuhannya hanya mengandalkan bantuan dari relawan. (Adv)

Baca juga: Kebanjiran, 1.506 Keluarga di Pati Mengungsi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

 

Berita Terkait