oleh

DPUTR Pati Anggarkan 200 Juta untuk Tambal Jalan Berlubang

Pati, Mitrapost.com Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menganggarkan Rp200 juta untuk penanganan jalan rusak akibat banjir di wilayah Kabupaten Pati.

Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Jalan DPUTR Kabupaten Pati Hasto Utomo menyampaikan bahwa DPUTR melakukan tindakan cepat untuk menambal sejumlah ruas jalan di Kabupaten Pati yang mengalami kerusakan.

BPKAD Pati

“Untuk mengantisipasi sementara kerusakan ruas jalan yang di Kabupaten Pati, kami melakukan penambalan ruas jalan dengan kami cor,” ujar Hasto, Rabu (17/2/2021).

Sebelum ini DPUTR telah mengusulkan anggaran Rp10 miliar untuk dibagi dalam penanganan kerusakan jalan yang dianggap sebagai jalur darurat. Diantaranya di jalan Pati – Gabus, jalan Kayen – Pati, jalan Kayen – Tambakromo, jalan Cengkalsewu – Sukolilo, jalan Pati – Tlogowungu, jalan Pati – Gembong, jalan Jaken – Jakenan, dan Gabus – Winong. Namun realisasi anggarannya tidak sesuai dengan apa yang diusulkan.

“Kami menganggarkan untuk dicor. Anggaran Rp200 juta per titik, nantinya akan menambal jalan sejauh 75 sampai 100 meter di berbagai ruas jalan,” lanjut Hasto.

Baca juga: DPUTR Pati Tangani Keluhan Penerangan di Jalan Pantura

Penambalan jalan termasuk agenda darurat untuk menangani ruas jalan yang rawan saja. Karena banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat terendam air.

Langkah tersebut, lanjut Hasto, akan dituntaskan hingga awal April dengan prioritas penanganan kerusakan jalan akibat banjir.

Menurut Hasto, meskipun hasil perbaikannya tidak bertahan lama karena hanya mengecor dengan jarak yang pendek akan tetapi seminimalnya bisa membantu pengguna jalan melalui ruas jalan dengan aman.

“Apalagi ditambah proses pengerjaannya tidak bisa maksimal gara-gara hujan. Namun, langkah ini untuk membantu pengguna jalan yang melintasi akses ruas jalan tersebut dengan aman.”

“Kalau penanganan secara permanen, nanti akan ada anggarannya,” imbuhnya.

Baca juga: Jalan Rusak di Rembang, Warga Berharap Ada Perbaikan dan Pelebaran

Berdasarkan prioritas DPUTR Kabupaten Pati, prioritas utama tahun 2021 diperuntukkan perbaikan ruas jalan Jakenan – Jaken. Jalan tersebut memperoleh dana alokasi khusus (DAK) reguler sebesar Rp8 miliar dan jalan Winong – Pucakwangi sebesar Rp7,5 miliar.

“Saat ini kami juga memprioritaskan jalan yang ada di desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo yang mengalami kerusakan parah diakibatkan tingginya curah hujan dan banyak dilalui kendaraan berat tambang,” pungkas Hasto. (*)

Baca juga: Perbaikan Jalan Pati-Gabus Kembali Tak Dapat Alokasi Anggaran

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Berita Terkait