oleh

UMKM Kopi Kemasan Alami Penurunan Omset 40 Persen, Dispertan Beri Solusi

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati lakukan riset terkait kondisi omset pengusaha kopi selama masa pandemi.

Kepala Bidang Perkebunan Dispertan Pati, Gunawan mengungkapkan, selama pandemi produsen atau pelaku UMKM kopi kemasan mengalami penurunan omset hingga 40 persen.

“Dari sisi omset para pelaku usaha selama pandemi, berdasarkan hasil riset hampir sama dengan kejadian proses pasca panen. Bagi produsen atau pelaku UMKM kopi kemasan mengalami penurunan hingga 40 persen,” ungkap Gunawan saat diwawancarai Mitrapost.com di kantornya kemarin.

Baca juga: Sejahterakan Petani, Dewan Minta Pangkas Rantai Distribusi Produk

Di sisi lain dalam periode yang sama produsen kopi specialty atau fine robusta – kopi yang diolah dengan protokol khusus untuk mencapai kualitas prima – mengalami peningkatan omset hingga 100 persen.

Pasalnya, selama masa pandemi jumlah kedai kopi dan kafe di Pati bertambah dan pelanggannya cenderung stabil.

Melihat fakta tersebut, Gunawan menyarankan pelaku UMKM yang bergerak di bidang kopi bisa jeli melihat peluang dan berani bermanufer dengan merubah segmen pasar.

Secara rinci, Gunawan mengurai bagaimana para pengusaha kopi bisa menaikkan omsetnya di masa pandemi.

Baca juga: Dewan Pati Pertanyakan Teknis Pelaksanaan ‘Jateng di Rumah Saja’

Diantaranya pengusaha harus berani menambah berat kopi dalam kemasan dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Untuk menekan modal, kemasan bisa ditekan dengan pemilihan bahan kemasan yang murah.

“Dengan harga yang lebih murah akan mampu menyerap pasar secara maksimal. Walaupun kemasannya hanya berbahan plastik klip atau standing poch,” imbuh Gunawan.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah membuka kedai kopi atau kafe sendiri. “Ini akan mampu membuka pasar, peluang pemasaran dan penguasaan dari hulu sampai hilir sehingga produsen tidak lagi tergantung kondisi pasar yang tidak menentu,” katanya.

Manuver terakhir yang bisa dilakukan adalah menjadi suplier bahan baku kopi fine robusta bagi coffee shop dan kafe. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait