oleh

Buka 600 Hektare Lahan, Dispertan Pati Tingkatkan Budidaya Porang

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian Kabupaten Pati tengah berupaya mengoptimalkan produksi pertanian dan perkebunan. Salah satunya yang sedang digencarkan saat ini adalah budidaya tanaman porang.

“Tahun ini, Dispertan merencanakan pendampingan budidaya porang di Kabupaten Pati,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Gunawan, Kamis (19/2/2021).

Gunawan mengatakan, Dispertan tengah memantau pertumbuhan tanaman porang di Kabupaten Pati termasuk proses fotosintesisnya. Hal tersebut untuk mengetahui efektifitas pembudidayaan tanaman porang.

“Sejauh ini, kami mengamati porang paling bagus jika ditanam di tempat terbuka. Selain itu, tanaman ini juga akan tumbuh dengan maksimal dalam naungan jika didukung penyinaran matahari kurang lebih 60%. Katakanlah sinyalnya kurang maka tumbuhnya kurang maksimal,” jelasnya.

Baca juga: Dispertan Pati Dorong APKI Budidayakan Kelapa Kopyor

“Jika proses fotosintesisnya sudah dapat dipahami oleh petani maka upaya penanaman porang akan berjalan dengan maksimal. Baru kemudian kita melakukan pemeliharaan dan sebagainya hingga pada penjualannya.”

Selain itu, Dispertan menargetkan tahun ini ada peningkatan hasil panen porang. Hal ini dilakukan dengan membuka lahan budidaya porang seluas 600 hektare.

Menurutnya, rata-rata kebun porang di Pati hanya mampu membudidayakan 0,5 kg saja karena masih sedikitnya produktivitas porang.

“Kami menargetkan minimal bisa memanen 1 kg per kebun. Masih sedikitnya hasil panen porang sangat bergantung pada jumlah ketersediaan, usaha pemeliharaannya, dan kondisi lahannya.”

Saat ini, tanaman porang paling banyak tersebar di Desa Tlogosari dan Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu dan di Kecamatan Cluwak. (*)

Baca juga: Diperlukan Inovasi untuk Tingkatkan Produksi Pertanian di Pati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Berita Terkait