oleh

Diperlukan Inovasi untuk Tingkatkan Produksi Pertanian di Pati

Pati, Mitrapost.com Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso, berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mampu meningkatkan nilai tambah komoditas pertanian lokal.

“Kami berharap adanya inovasi dalam memasarkan komoditas atau produk pertanian di Kabupaten Pati,” ujar Narso, Kamis (18/2/2021).

Menurut Anggota Komisi B DPRD tersebut, untuk meningkatkan nilai tambah pada hasil pertanian diperlukan inovasi mulai dari produk mentahannya, produk olahannya, bahkan area perkebunannya.

“Sejauh ini, komoditas pertanian seperti jeruk pamelo dan kelapa kopyor hanya dipasarkan dari segi produk buahnya saja. Sehingga hal ini menjadi hal yang biasa dan kurang ada nilai tambah,” ungkapnya.

Baca juga: Meski Banjir Penyuluh Pertanian Tetap Dampingi Para Petani

Dia mengatakan, komoditas pertanian seperti Kelapa Kopyor dapat ditingkatkan nilai pasarannya melalui pengembangan sektor perkebunannya.

Apalagi, kelapa kopyor menjadi salah satu potensi hasil pertanian lokal di Kabupaten Pati. Selain itu, Dispertan sedang melakukan pengelolaan tanaman kelapa kopyor agar potensi ini mampu menyebar ke banyak wilayah di Pati.

“Seharusnya juga dikembangkan perkebunannya untuk dijadikan sektor pariwisata. Sehingga menjadi agrowisata yang menambah daya dukung ekonomi bagi warga dan petani di sekitarnya,” ujar Narso.

Agrowisata ini bisa mencontoh kebun buah naga dan kebun kopi di Jolong. Selain menawarkan tempat wisata juga sekaligus menawarkan produk perkebunan lokal. (*)

Baca juga: Dispertan Pati Dorong APKI Budidayakan Kelapa Kopyor

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Berita Terkait