Video : Siswi SMA PGRI 2 Kayen Sulap Gedebog dan Jerami Jadi Tas Kertas

Pati, Mitrapost.com – Sebagai daerah pertanian, Kabupaten Pati mempunyai banyak limbah jerami dan batang pohon pisang atau gedebog pisang. Sering kali limbah-limbah ini dibiarkan membusuk atau dibakar dan tidak dimanfaatkan.

Hal inilah yang membuat dua siswi SMA PGRI Kayen berinsisiasi dan berinovasi memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan sesuatu agar bisa lebih berguna. Mereka adalah Arinda Kusumaningrum (17) dan Via Valenta Kafita Ardian (15).

Mereka berkerjasama menyulap gedebog dan jerami dijadikan tas kertas atau paper bag. Kedua bahan ini mereka olah dengan alat laboratorium yang disediakan sekolahan sehingga menjadi kertas yang kuat menahan beban seberat 4 kg.

“Produk ini kita ciptakan karena di wilayah kami itu limbah jerami dan batang pisang sangat melimpah yang pemanfaatannya sangat kurang,” ujar Via saat ditemui Mitrapost.com di SMA PGRI Kayen 2, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga :   Video : Ikuti Penilaian Penghargaan RKPD, Ada 3 Prioritas Pembangunan

Selain banyaknya limbah pertanian, inovasi ini mereka ciptakan untuk mengurangi limbah sampah plastik yang tidak ramah lingkungan. “Dan juga sampah plastik di Indonesia ini sangat melimpah dan itu sangat sulit terurai. Jadi kami mencari solusi untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia,” lanjut Via.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati