Sering Menggunakan Lensa Kontak, Berikut Cara Merawatnya

Mitrapost.com – Lensa kontak dapat membantu kamu untuk melihat lebih jelas dan membuat mata menjadi lebih indah. Namun, penggunaan lensa kontak harus diimbangi dengan perawatan yang bersih sehingga menjaga Kesehatan mata.

Lensa kontak berfungsi sebagai pengganti kacamata, bentuk yang cenderung simpel. Hal ini membuat kebanyakan orang memilih menggunakan lensa kontak disbanding kacamata. Dalam menggunakan lensa kontak, kamu harus menjaga kebersihannya dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah Kesehatan, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Dilansir dari alodokter.com, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi mata dengan merawat lensa kontak:

  1. Jaga kebersihan lensa kontak

Cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan untuk mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata.

Baca Juga :   Beragam Khasiat Si Buah ‘Genit’, Menjaga Kesehatan Mata

Baca juga: Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya untuk Tubuh

Selain hal tersebut, Kamu juga disarankan untuk selalu melepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak tidak terkena air.

  1. Lepas lensa kontak ketika tidur

Lepas lensa kontak ketika kamu hendak tidur. Jika Kamu tetap menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata bisa menipis. Apabila hal ini terjadi, dapat berisiko tinggi untuk mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.