oleh

Video : Diskominfo Pati Minta Warga Tak Percaya Penipuan Berkedok Pesan Berhadiah

Pati, Mitrapost.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan pesan-pesan berhadiah atau pesan yang tidak dikenal.

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Pati Indriyanto, pesan-pesan itu lebih banyak penipuan daripada kebenaran.

“Penipu itu kan berbagai cara dan modus yah. (Menyikapi) penipuan berkedok hadiah atau pesan tak dikenal itu, masyarakat harus hati-hati,” ujar Indriyanto saat ditemui di Kantor Diskominfo Kabupaten Pati, Jumat (5/3/2021) kemarin pagi.

“Jangan mudah klik pesan-pesan yang sekiranya itu tidak kenal atau meragukan. Apalagi kalau ada iming-imingan hadiah, itu masyarakat kan terlena itu. Jadi jangan (percaya),” lanjut Indriyanto.

Ia mewanti-wanti kepada masyarakat yang menerima pesan tersebut untuk tidak menjawab pesan. Karena, menurutnya, menjawab pesan itu mempunyai risiko yang bisa merugikan.

“Menjawab jangan. Kalau menjawab atau mengklik itu risikonya bisa banyak. Bisa pulsanya kesedot atau lainnya,” tutur Indriyanto.

Ia pun meminta kepada masyarakat penerima pesan untuk mengkonfirmasi kepada teman-temannya yang lain sebelum melakukan langkah. Namun, apabila nomor pemberi pesan tidak resmi atau asing, ia menyarankan untuk tidak merespons.

“Ndak usah jawab atau konfirmasikan ke yang lain (dulu) saja,” tandas Indriyanto.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait