Termasuk Cara Setan, Tak Boleh Pakai Sandal Sebelah Saja

Mitrapost.com Sandal atau alas kaki adalah benda yang tidak bisa lepas dari manusia. Sandal memiliki manfaat untuk melindungi kaki dari benda-benda yang bisa melukai kaki. Namun dalam syariat Islam ada tata cara tersendiri untuk mengenakan sandal.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh ImamAl-Bukhari dalam Kitab Al-Libas pada bab melepas sandal kiri dijelaskan bahwa umat muslim dianjurkan mendahulukan kaki kanan saat mengenakan sandal.

“Dari Ali radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian memakai sandal, maka hendaklah ia mendahulukan kaki kanan. Sedangkan apabila ia hendak melepaskannya, maka hendaklah ia mendahulukan kaki kiri. Jadikanlah kaki kanan yang pertama kali memakai sandal, dan yang terakhir melepaskannya.””

Baca Juga :   Bacaan Shalawat Thibbil Qulub, Penyembuh Hati

Dari hadis tersebut sudah jelas tata cara memakai sendal yang baik, namun ada juga larangan untuk tidak memakai sandal hanya sebelah. Seperti saat orang yang mendapati tali sendalnya lepas, dalam Islam hendaknya berhenti untuk memperbaiki, jika tali sandal tersebut tidak bisa diperbaiki maka lepas kedua sendal lalu melanjutkan perjalanan. Rumaysho.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati