Dispertan Mendampingi Pembentukan Paguyuban Kelompok Ternak Layer Kendeng

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kayen mendampingi rapat pembentukan paguyuban kelompok ternak ayam layer Kendeng di Desa Beketel, Kecamatan Kayen. Agenda tersebut diadakan pada Rabu (10/3/2021) pukul 09.00 WIB.

Kelompok Ternak Layer Kendeng diinisiasi oleh para pemuda yang gemar berternak ayam potong. Mereka mengadakan pertemuan membentuk sebuah wadah silaturahmi bersama. Mereka terdiri dari kelompok ternak layer dari Desa Pakis, Desa Purwokerto, dan Desa Beketel.

Dalam rapat tersebut dihadiri Andi Hirawadi selaku Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Pati, Susilohadi selaku Koordinator BPP Kayen, Pujo Winarno selaku Kepala Bappeda Pati, dan dr. Nur Cahyo dari UPTD Puskeswan Dispertan Pati serta para anggota kelompok ternak dari berbagai desa yang tergabung.

Baca Juga :   Presentase Kematian Covid-19 Pati Tertinggi Se-Jateng, Tracing Masih Terendah

Baca juga: Dispertan Pati Ajak Petani Budidayakan Padi M70d

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Beketel, Rakamto mengaku jika dirinya setuju akan adanya pembentukan paguyuban kelompok ternak tersebut. Menurutnya, kelompok yang dibentuk para pemuda di desanya mampu memberi dampak positif secara ekonomi bagi anggota maupun warga sekitar.

“Kalau dikoordinir dengan baik, maka ekonomi para peternak dapat meningkat. Apalagi jiwa-jiwa pemuda ini menjadi harapan untuk pembaruan. Khususnya menjadi contoh bagi warga yang lain dalam berwirausaha,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Rabu (10/3/2021).

Susilohadi selaku Koordinator BPP Kecamatan Kayen mengapresiasi adanya pembentukan paguyuban kelompok ternak layer yang dihimpun oleh kelompok tani dari tiga desa sekaligus. Ia berupaya membina kelompok-kelompok tersebut secara maksimal.

Baca Juga :   UPTD Puskeswan Pati, Pusat Informasi Kesehatan dan Pengobatan Hewan Warga

Baca juga: Video : Dispertan Pati Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Ternak Sapi Potong

“Kami menumbuhkembangkan kelompok yang memiliki tujuan searah,” tegasnya dalam forum rapat tersebut.

Ia berjanji jika pihaknya akan memudahkan Kelompok Ternak Layer Kendeng mencapai tujuan. Hal yang diprioritaskan adalah mengusahakan anggota kelompok terverifikasi ke Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Petani akan memperoleh haknya untuk mendapat subsidi berupa pupuk dan kebutuhan sarana pertanian jika telah terdaftar di e-RDKK, dengan dibuktikan oleh adanya Kartu Tani. Selain itu, dengan terdaftarnya petani ke e-RDKK semakin memudahkan memperoleh informasi di Sistem Informasi  Penyuluhan Pertanian (Simultan).