oleh

Poktan di Kecamatan Jakenan Mendapat Bantuan Benih Padi

Pati, Mitrapost.com Kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah.

Penyerahan bantuan benih padi secara simbolis dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto pada Sabtu (13/3/2021) di Kantor Sekretariat Poktan Tani Mulyo, Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pati, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan), Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jakenan; perwakilan kelompok tani Poktan Sidoarum, Poktan Tondomulyo, dan Poktan Kedungmulyo.

Adapun total bantuan benih padi yang disalurkan dari Maret sampai dengan April 2021 sebanyak 69 ton. Bantuan tersebut diperoleh dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia yang disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Provinsi Jawa Tengah dan Dispertan Kabupaten Pati.

Baca juga: Bantuan Benih Padi dari Pemerintah Diharapkan Berkualitas

Muhtar Efendi, Kepala Dispertan Kabupaten Pati, menyampaikan jika bantuan benih diberikan kepada petani yang lahannya mengalami puso. Diantaranya di Kecamatan Margorejo, Kecamatan Pati, Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Gabusm Kecamatan Juwana, dan Kecamatan Jakenan.

Ia berharap diberikannya bantuan benih mampu meringankan beban usaha petani, terutama menyediakan benih yang berkualitas untuk ditanam di masa tanam berikutnya.

“Selain karena meringankan beban petani. Kami pun berharap agar produksi dan produktivitas padi di lahan bekas banjir segera bisa pulih dan meningkat,” ujar Muhtar saat dihubungi, Senin, (15/3/2021).

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kun Saptono menyatakan bahwa meskipun lahan pertanian mengalami puso akibat banjir, namun motivasi petani tetap tinggi untuk kembali bekerja. Ia bangga dengan usaha maksimal petani untuk menanam padi. (*)

Baca juga: Sering Kebanjiran, Desa Banjarsari Gabus Belum Bisa Nikmati Program Asuransi Petani

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Berita Terkait