Bakal Calon Tinggal Satu, Warga Desa Margorejo Datangi Balai Desa

Pati, Mitrapost.com – Puluhan warga Desa Margorejo, Kacamatan Wedarijaksa, berbondong-bondong mendatangi Balai Desa setempat pada Kamis (18/3/2021) pagi. Mereka berunjuk rasa menuntut pemilihan kepala desa (Pilkades) tetap digelar.

Pilkades di Desa Margorejo terancam tidak dapat diselenggarakan pada tahun 2021 ini. Lantaran, salah satu bakal calon memilih mengundurkan diri.

Hal ini membuat bakal calon kepala desa di Desa Margorejo tinggal satu orang. Padahal, berdasarkan regulasi, Pilkades 2021 dapat terselenggara minimal calon kepala desa berjumlah dua orang atau maksimal berjumlah lima orang.

Baca juga: Untuk Ikuti Pilkades, Keterlambatan APBDes Hari Ini Harus Diselesaikan

Bakal calon kepala desa yang mengundurkan diri merupakan bakal calon kepala desa petahana. Ia mengurungkan niatnya untuk maju dalam Pilkades lagi pada Senin, (15/3/2021) atau sebelum ditetapkan menjadi calon kepala desa.

Baca Juga :   Komisi A DPRD Pati Imbau Peserta Pilkades Ikuti Aturan

“Pokoke Bapak Kepala Desa kudu gelem, kudu melaksanakan. Kepengen nduwe petinggi. (Pokoknya Bapak Kepala Desa harus mau menyalonkan diri, harus melaksanakan Pilkades. Kita ingin punya kepala desa,” ujar salah satu warga, Suwarno, dengan menggunakan pengeras suara.

Suwarno mengatakan, warga Desa Margorejo tidak mau dipimpin oleh pejabat penanggung jawab. “Kami tidak menginginkan adanya Penjabat (PJ) atau Pelaksana Tugas (Plt). Yang kami butuhkan pilkades dan ada kades definitifnya,” tutur Suwarno.

Baca juga: Video : Antisipasi Kerusuhan Pilkades, Polres Pati Bentuk Satgas Anti Judi dan Politik Uang

Menanggapi aspirasi pengunjuk rasa ini, Camat Wedarijaksa Haryanto mengatakan, untuk penyelenggaraan pilkades tetap mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku. Dan pihaknya tengah beraudiensi dengan bakal calon petahana agar tidak mengundurkan diri.

Baca Juga :   Muntamah Berharap Mutasi Covid-19 Tak Sampai Pati

“Saat ini masih kita lakukan negosiasi dengan (bakal) calon yang mengundurkan diri. Karena permintaan warga Pilkades bisa berjalan,” ujar Haryanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati