oleh

Untuk Ikuti Pilkades, Keterlambatan APBDes Hari Ini Harus Diselesaikan

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuapaten Pati, Warsiti meminta Pemkab memfasilitasi desa yang belum menetapkan anggaran belanja dan pendapatan desa (APBDes).

Hal tersebut merespon informasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembangunan Desa Dispermades Pati, Indah Febriana, bahwa masih ada empat desa yang belum menyusun PBDes karena sejumlah kendala.

Keempat desa tersebut diantaranya adalah Desa Godo Kecamatan Winong, Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong, Desa Pekuwon Kecamatan Juwana dan Desa Kebonsawahan Kecamatan Juwana.

Imbasnya desa-desa tersebut hingga bulan Maret ini belum bisa mengakses berbagai anggaran dari pemerintah pusat hingga dilaporkannnya penetapan anggaran.

Bahkan di Desa Pakuwon dan Desa Sumbermulyo, pada April mendatang juga terancam tidak boleh melaksanakan pemeilihan kepala desa (Pilkades).

Baca juga: Terkendala Masalah Internal, 4 Desa di Pati Belum Tetapkan APBDes

Dalam sidak Komisi A di Desa Pekuwon, Warsiti meminta kepada pemerintah desa untuk proaktif menjalin komunikasi dengan dinas dan pihak kecamatan untuk segera menyelesaikan regulasi APBDesnya.

“Makanya kemarin pas saya sidak, secepatnya, kira-kira sampai hari ini (Sabtu,6/3/21) kalau tidak bisa-bisa terpaksa tidak bisa mengikuti. Mereka kemarin berjanji secepatnya menyusun APBDes, katanya sudah sempat melakukan pra Musdes (musyawarah desa) juga,” ungkap Warsiti saat diwawancara, Jumat (5/3/2021) kemarin.

Sedangkan tahapan pemilihan kepala desa serentak 2021 telah dimulai. Saat ini masih berlangsung tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa yang dijadwalkan berakhir hari ini, Sabtu (6/3/2021).

Sementara pemilihan kepala desa dijadwalkan akan dilangsungkan pada tanggal 10 April 2021 mendatang. Sedangkan laporan penetapan ABDes merupakan salah satu syarat yang fundamental agar suatu desa bisa melaksanakan Pilkades. (Adv)

Baca juga: Tahapan Pilkades Berjalan, Dua Desa di Juwana Belum Tetapkan APBDes

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait