oleh

Sejumlah Syarat Pelaksanaan Uji Coba PTM dari Disdik Jateng

Semarang, Mitrapost.com Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah memberikan sejumlah persyaratan bagi satuan Pendidikan untuk melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

Seperti diketahui uji coba PTM hanya berlaku untuk Pendidikan di tingkat SMP, SMA, SMK, dan MA pada 5-16 April 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Hari Wuljanto mengatakan persyaratan itu tertuang dalam pedoman singkat pada bagian lampiran surat bernomor 421.1/03858 tanggal 18 Maret 2021 tentang Uji Coba PTM.

Baca juga: Dua Sekolah Disiapkan Jadi Pilot Project Pelaksanaan PTM di Semarang

Adapun persyaratan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

– Satuan pendidikan harus menyusun Standar Operasi Prosedur (SOP) pencegahan dan penanganan Covid-19. Kemudian, mengidentifikasi kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan.

– Melakukan pendataan guru dan siswa berdasarkan komorbid, tempat tinggal, dan sarana transpotasi yang digunakan.

– Mengidentifikasi dan pemetaan lintas sektor dalam rencana pelaksanaan uji coba.

– Menyiapkan pengaturan pembelajaran sesuai protokol kesehatan serta memiliki kerja sama dengan puskesmas dan atau layanan kesehatan terdekat.

– Membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan pembelajaran tatap muka, sesuai kebiasaan baru dan protokol kesehatan.

– Melakukan identifikasi beban dan sumber pembiayaan. Mereka telah melaksanakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pencegahan Covid-19 secara intensif kepada warga satuan pendidikan

Baca juga: Uji Coba PTM untuk SMP dan SMA Dimulai 5 April Mendatang

– Melakukan pengisian dan pemenuhan daftar periksa. Bahkan, memperoleh penilaian ‘siap’ dari Tim Verifikasi dan Visitasi Pemerintah Provinsi atau kemenag kabupaten dan kota sesuai kewenangan.

– Memperoleh izin pembelajaran tatap muka dari orang tua/ wali siswa, serta memperoleh izin penyelenggaraan uji coba PTM dari yang berwenang atau pemerintah daerah.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait