oleh

Salah Satu Waktu Diijabahnya Doa Saat Hari Jumat

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Hari Jumat merupakan hari yang agung hingga banyak sekali keutamaan-keutamaan ibadah yang dianjurkan. Hari Jumat juga diketahui sebagai waktu dimana Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan hambanya.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, al-Nas’i, al-Hakim, dan al-Baihaqi disebutkan diantara waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat adalah di akhir waktu setelah ashar.

BPKAD Pati

Baca juga: Sunnah Jumat, Dekatkan Diri kepada Rasul dengan Membaca Selawat Badar

Sementara mengutip NU Online, Imam An-Nawawi mengatakan jika waktu ijabah untuk berdoa kemungkinan tidak tetap di satu waktu saja.

ساعة الإجابة هي ما بين أن يجلس الإمام على المنبر أول صعوده إلى أن يقضي الإمام الصلاة ثبت هذا في صحيح مسلم من كلام رسول الله صلى الله عليه و سلم من رواية أبي موسى الأشعري وقيل فيها اقوال كثيرة مشهورة غير هذا اشهرها أنها بعد العصر والصواب الأول

Baca Juga :   Pelukis Asal Rembang Ini Representasikan Generasi Mendatang dalam Lukisan

Artinya, “Waktu ijabah adalah waktu di antara duduknya khatib di atas mimbar saat pertama kali ia naik hingga imam shalat Jumat menyelesaikan shalatnya. Hal ini sesuai dengan keterangan dalam Shahih Muslim dari sabda Nabi, riwayat Sahabat Abi Musa Al-Asy’ari. Pendapat lain mengatakan, ada beberapa versi yang banyak dan masyhur selain pendapat yang pertama. Yang paling masyhur adalah setelah Ashar hari Jumat. Pendapat yang benar adalah yang pertama.”

Dengan demikian, bagi umat Muslim yang ingin doanya dikabulkan maka hendaknya mengisi waktu-waktu tersebut untuk memanjatkan doanya kepada Allah.

Terlepas dari waktu-waktu mustajab untuk berdoa, hari Jumat hendaknya diisi dengan melaksanakan ibadah kepada Allah. Sebab segala amalan di hari Jumat juga mendapat keutamaannya tersendiri. (*)

Baca Juga :   Tsundoku, Kebiasaan Beli Buku Tapi Tidak Pernah Dibaca

Baca juga: Amalan Sunnah di Hari Jumat Bagi Wanita

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait