Salah Satu Waktu Diijabahnya Doa Saat Hari Jumat

Mitrapost.com Hari Jumat merupakan hari yang agung hingga banyak sekali keutamaan-keutamaan ibadah yang dianjurkan. Hari Jumat juga diketahui sebagai waktu dimana Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan hambanya.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, al-Nas’i, al-Hakim, dan al-Baihaqi disebutkan diantara waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat adalah di akhir waktu setelah ashar.

Baca juga: Sunnah Jumat, Dekatkan Diri kepada Rasul dengan Membaca Selawat Badar

Sementara mengutip NU Online, Imam An-Nawawi mengatakan jika waktu ijabah untuk berdoa kemungkinan tidak tetap di satu waktu saja.

ساعة الإجابة هي ما بين أن يجلس الإمام على المنبر أول صعوده إلى أن يقضي الإمام الصلاة ثبت هذا في صحيح مسلم من كلام رسول الله صلى الله عليه و سلم من رواية أبي موسى الأشعري وقيل فيها اقوال كثيرة مشهورة غير هذا اشهرها أنها بعد العصر والصواب الأول

Baca Juga :   Dua Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Berdoa

Artinya, “Waktu ijabah adalah waktu di antara duduknya khatib di atas mimbar saat pertama kali ia naik hingga imam shalat Jumat menyelesaikan shalatnya. Hal ini sesuai dengan keterangan dalam Shahih Muslim dari sabda Nabi, riwayat Sahabat Abi Musa Al-Asy’ari. Pendapat lain mengatakan, ada beberapa versi yang banyak dan masyhur selain pendapat yang pertama. Yang paling masyhur adalah setelah Ashar hari Jumat. Pendapat yang benar adalah yang pertama.”