oleh

Amalan Sunnah di Hari Jumat Bagi Wanita

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Istilah Jumat berkah diarasa pas untuk mewakili keistimewaan hari keenam ini. Bagaimana tidak, amalan-amalan sunnah sangat banyak untuk bisa dikerjakan dan dijadikan rutinitas ibadah.

Keistimewaan ini tidak terbatas kepada kaum laki-laki saja. Jika muslim laki-laki dianjurkan untuk melaksanakan salat Jumat, bagi muslim perempuan pun ada amalan sunnah yang bisa dilakukan pada hari Jumat.

Amalan sunnah hari Jumat bagi wanita

Memperbanyak baca sholawat

Membaca sholawat di hari Jumat membawa kelimpahan pahala dan derajatnya didekatkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Baca Juga :   Penyebab Rambut Rontok, Hindari Kesalahan Pemilihan Sampo

Baca juga: Amalan yang Dapat Menjadikan Hidup Tentram dan Damai

Membaca surat Al-Kahfi

Dalam sebuah hadis disebutkan, muslim yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat akan mendapatkan petunjuk-Nya diantara dua hari Jumat.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Membersihkan diri

Kebersihan sebagian dari iman. Di hari Jumat, sunnah membersihkan diri tidak hanya berlaku untuk laki-laki tetapi kepada wanita juga.

Pada hari Jumat, disunnahkan untuk mandi, membersihkan kuku dan rambut dan memakai wangi-wangian.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga :   Al-Ghasyiah dan Surat Alquran Lainnya yang Sunnah Dibaca dalam Salat Hari Jumat

Baca juga: Sering Dibaca Rasul, Baca Doa Sapu Jagat untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

Memperbanyak dzikir

Berkahnya hari Jumat, Allah akan melipat gandakan pahala bagi hambanya yang membawa amalan-amalan sholeh.

Selain membaca istighfar, bacaan-bacaan dzikir seperti tahlil, tahmid dan takbir disunnahkan untuk dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah. Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari“.

Memperbanyak doa

Hari Jumat menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Allah akan mengabulkan doa hambanya. Adapun waktu mustajab berdoa di hari Jumat adalah saat menjelang waktu maghrib atau saat matahari akan terbenam.

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (H.R. Bukhari dan Muslim) (*)

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Kulit Sejak Dini, Berikut Tips Penggunaan Skincare Remaja

Baca juga: Pesan Abi Shihab dan Gus Baha Kepada Masyarakat yang Kecewa Tak Berangkat Haji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral