oleh

7 Tips Hadapi Cuaca Panas Memasuki Musim Kemarau

Mitrapost.com – Cuaca panas akhir-akhir ini melanda sejumlah kawasan di Indonesia. Tentunya, hal ini mempengaruhi kondisi tubuh.

Tak hanya mempengaruhi metabolisme tubuh, cuaca panas juga bisa menimbulkan dehidrasi, sakit kepala, hingga gangguan serius lainnya.

Tips Sehat Hadapi Cuaca Panas

  1. Perbanyak minum air putih

Cuaca yang panas dan terik dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Itulah mengapa kamu harus banyak minum. Saran dokter, kamu harus minum sekurang-kurangnya 3 liter air sehari untuk menghadapi kondisi yang begini.

Baca juga: Gigi Ngilu Mengganggu, Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Tapi, disarankan air yang kamu minum itu tidak terlalu banyak mengandung kafein atau bersoda. Karena dua zat ini malah akan membuat kamu mudah dehidrasi. Kalau mau, selain air putih, kamu bisa menggunakan minuman berisotonik yang dapat menggantikan garam dan mineral yang hilang dari tubuh kamu.

  1. Pakailah pakaian tipis dan nyaman

Cuaca terik seperti beberapa hari ini bisa membuat kamu gampang beringat. Nah, kamu harus gunakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti katun. Sebagai saran, pilihlah pakaian yang tipis sehingga kamu tidak merasa kegerahan.

  1. Berada di dalam bangunan

Pastikan kamu tidak terlalu lama di bawah pancaran sinar matahari atau cuaca panas. Nah, kamu bisa mengurangi aktivitas di luar ruangan dan pastikan pengudaraan di dalam ruang kamu cukup. Apalagi ruangan yang memiliki penyejuk. Pasti lebih nyaman.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait